5 Gejala Penyakit Maag Akut

5 Gejala Penyakit Maag AkutSakit maag adalah salah satu penyakit yang menimpa lambung dimana lambung terjadi gangguan pencernaan diakibatkan adanya iritasi didalam selaput lendir didalam lambung, yang terjadi akibat asam lambung yang berlebih. Sakit maag ini bisa dibagi menjadi dua buah kelompok yaitu maag kronis dan maag akut. Maag kronis terjadi dengan gejala yang timbul secara menahun sedangkan maag akut merupakan sakit maag dengan gejala yang sakit secara mendadak, yang mana bisa terjadi sementara dan dengan jangka waktu yang singkat.


Maag akut bisa terjadi karena berbagai macam faktor, seperti misalnya infeksi oleh bakteri, produksi asam lambung yang berlebihan, pola hidup yang tidak teratur, stress fisik maupun psikis, degenerasi lapisan perut yang kebanyakan menimpa para lansia. Maag akut ini sendiri juga banyak yang menyebutnya sebagai penyakit tukak lambung, yang akan menimbulkan gejala tidak nyaman pada bagian ulu hati.

Berikut ini adalah beberapa gejala maag akut yang perlu untuk anda ketahui, agar nantinya bisa menanganinya lebih tepat.

http://76n.blogspot.co.id/




Gejala maag akut disebabkan karena adanya luka pada bagian organ pencernaan mulai dari usus, lambung hingga pada bagian kerongkongan. Rasa nyeri pada lambung ini akan semakin terasa ketika anda mengkonsumsi makanan yang bisa menaikan asam lambung, seperti makanan yang sifatnya pedas dan juga asam.


2.    Mual dan muntah
Mual dan muntah terjadi karena adanya iritas serta infeksi yang disebabkan karena bakteri Helycobacter Pylori. Selain karena infeksi penyebab bakteri maag akut, mual dan muntah ini terjadi karena faktor lambung tidak kuat menahan iritasi sehingga akan muncul rasa begah dan mual, jika sudah parah penderita pun bisa jadi akan mengalami pingsan.


Gejala penyakit maag akut selanjutnya adalah nafsu makan yang menurun. nafsu makan menurun dikarenakan adanya iritasi pada organ pencernaan, iritasi inilah yang akan membuat anda akan kehilangan nafsu makan. Selain kehilangan nafsu makan, penderita pun akan sulit untuk menelan makanan.


Infeksi pada lambung yang terjadi karena maag akut juga akan menyerang bagian pencernaan lainnya, yang mana akan menimbulkan luka. Sehingga nantinya luka inilah yang akan keluar bersama buang air besar yang akan disertai dengan darah dan juga nanah.


Selain gejala diatas, penderita penyakit maag akut akan merasakan lemas dan juga dehidrasi yang sangat berlebihan. Dehidrasi yang terjadi dikarenakan tubuh kurang maksimal dalam menyerap air, dikarenakan adanya luka pada bagian lambung. Sehingga penderita maag akut akan mengalami lemas, dan tidak bertenaga, karena kekurangan cairan tubuh.




Demikian beberapa gejala penyakit maag akut yang bisa anda ketahui. jika anda mengalami gejala diatas, sebaiknya segera mendapatkan penanganan lebih lanjut lagi ke dokter spesialis penyakit dalam, agar tidak mengalami penyakit maag yang lebih parah lagi.


Selain itu, sebaiknya anda menjaga pola makan anda, agar penyakit maag akut pun tidak menyerang anda kembali. Semoga bermanfaat.

3 Responses to "5 Gejala Penyakit Maag Akut"

  1. wah thnks gan infonya sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob, thanks udah berkunjung

      Delete
  2. Inii yang harus diwaspadai. Sering banget temen temen pada kena kasus ginian. Makasih infonya

    ReplyDelete