Inilah Gejala Penyakit Diabetes Melitus

Inilah Gejala PenyakitDiabetes Melitus – Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit yang disebabkan karena kadar glukosa atau kadar gula sederhana yang ada di dalam darah mengalami peningkatan. Penderita diabetes tidak dapat melakukan produksi insulin dalam jumlah lebih. Hal tersebut akan berakibat pada berlebihnya gula di dalam darah yang dapat menjadi racun bagi tubuh, jika gula tersebut sudah kronis.


Penyakit kronis salah satunya yang sangat berbahaya ini adalah diabetes melitus, mungkin anda sering menyebutnya dengan kencing manis. Jika diabetes tidak segera ditangani akan menimbulkan komplikasi, di mana penderita akan mengalami penyakit lainnya seperti, ginjal dan jantung. Itulah sebabnya, penderita diabetes biasanya diamputasi. Setidaknya anda harus mengetahui gejala yang timbul akibat diabetes, sehingga akan mendapatkan penanganan lebih cepat. Berikut gejala yang sering terjadi pada diabetes melitus.

https://76n.blogspot.co.id/
https://76n.blogspot.co.id/





Anda yang mengalami gejala penyakit diabetes ini harus lebih diperhatikan. Ketika cairan yang keluar terlalu banyak, maka tubuh akan mengalami kehausan, sehingga penderita banyak minum untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh.


Penderita diabetes biasanya akan mengalami buang air kecil yang lebih sering dari orang normal. Hal ini disebabkan akibat ginjal bekerja lebih keras untuk membersihkan glukosa yang berlebih pada sirkulasi darah. Sehingga penderita sering buang air kecil dengan jumlah yang banyak. Terlebih seringkali terjadi pada malam hari, maka penderita tersebut akan mengompol di saat tidur.


Apabila di area kulit leher terlihat warna hitam, seperti kulit kotor walaupun sdah dibersihkan tidak akan berubah maka hal tersebut gejala penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan peningkatan pada gula darah yang terlalu tinggi, sehingga berpengaruh pada warna kulit.


Rasa lelah dan rasa lapar yang sangat luar biasa yang akan terjadi bersamaan pada gejala diabetes. Energi yang sulit diproduksi walaupun sudah sering makan dan minum, tubuh penderita diabetes melitus akan merasakan lelah yang berlebihan juga.


Apabila berat badan menurun tanpa adanya sebab yang pasti, bisa jadi anda terkena gejala diabetes. Ketika tubuh penderita tidak dapat memproduksi gula menjadi energi,  sehingga akan memecah cadangan lemak dan otot untuk membuat energi bagi sel yang lapar. Oleh karenanya, napsu makan tetap normal tetapi berat badan sulit naik, malah berkurang secara berlebihan.


Penderita diabetes akan sering mengalami kesemutan, yang terjadi pada tangan dan kaki.  Hal ini akibat kerusakan atau gangguan pada pembuluh darah, sehingga darah yang mengalir dari ujung saraf menjadi berkurang dan kesemutan akan berlangsung lama.


Infeksi terjadi pada gejala diabetes melitus, antara lain ditemui pada mulut, sehingga gusi akan sering terluka atau mengalami masalah. Kemudian nfeksi pada salura kemih juga dapat dialami pada saat gejala diabetes tersebut. Hal ini dikarenakan pada gejala diabetes kekebalan daya tahan tubuh terus menurun yang berakibat tubuh tidak dapat bertahan terhadap serangan virus dari luar tubuh.



Itulah gejala penyakit diabetesmelitus yang perlu diperhatikan. Pengendalian penyakit diabetes dapat dilakukan dengan mengusahakan agar konsentrasi dari glukosa darah bisa mendekati normal, karena konsentrasi dari glukosa darah yang tinggi akan merusak bagian lain atau juga merusak organ tubuhnya.


5 Responses to "Inilah Gejala Penyakit Diabetes Melitus"

  1. Alhamdulillah, untung ane belum ada gejalanya gan :-)

    ReplyDelete
  2. Klo gw sering buang air kecil tpi waktu mlm aj

    ReplyDelete
  3. bermanfaat sekali gan artikelnya

    ReplyDelete
  4. terima kasih informasinya gan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete