Gejala Tekanan Darah Rendah Yang Umum Terjadi

Gejala Tekanan Darah Rendah Yang Umum TerjadiDarah rendah merupakan salah satu gejala dimana dalam tubuh sering merasa lemas dan juga tidak bertenaga. Selain itu, orang yang mengalami tekanan darah rendah wajahnya akan nampak pucat. Tekanan darah rendah bisa terjadi dikarenakan ketika jantung memompa darah, maka akan menekan ke dinding pembuluh darah, tekanan ini, akan dikembalikan lagi kedalam arteri atau jantung lewat pembuluh vena. Perbedaan tekanan yang terjadi ini merupakan salah satu gejala dari penyakit darah rendah. Sementara itu, untuk mengukur tekanan darah biasanya dengan menggunakan alat tensi darah.


Untuk tekanan darah biasanya tertulis dalam bentuk pecahan. Normalnya, untuk tekanan darah adalah sebesar 120/90 mm. dengan keterangan untuk angka diatas artinya tekanan sistolik yang berarti tekanan pada arteri pada saat jantung berkontraksi. Sedangkan tekanan diastolic yang angka bawah artinya tekanan arteri pada saat otot jantung mengalami pengenduran. Seseorang dikatakan mengalami darah rendah jika tekanan darahnya hanya sebesar 90/60 mm saja. Berikut ini adalah beberapa gejala lainnya dari tekanan darah rendah yang umum terjadi.

 
https://76n.blogspot.co.id/




Jika tubuh mengalami gejala tekanan darah rendah bisa ditengarai dengan merasakan rasa haus yang sangat berlebih. Hal ini dikarenakan tubuh akan lebih banyak bekerja keras dalam memompa oksigen, maka dari itu, tubuh membutuhkan banyak sekali asupan air, sehingga akan memicu rasa haus yang sangat berlebih pada tubuh anda.


2.    Mengantuk
Seringnya muncul rasa mengantuk bisa menjadi faktor utama atau ciri ciri khusus tekanan darah rendah . hal ini bisa saja terjadi lantaran suplai oksigen ke otak berkurang, dan hal ini akan menyebabkan anda akan mengalami rasa kantuk yang sering, serta tubuh akan merasa lemah untuk memompa darah menuju otak.


Selanjutnya yang juga salah satu gejala darah rendah adalah nafas yang cepat dangkal. Maksudnya adalah tubuh akan mengalami reaksi dimana paru paru akan mengimbangi ketidakmampuan darah dalam mengikat oksigen. Dan sesak nafaspun bisa terjadi disebabkan tekanan darah menuju jantung yang melemah.


Karena tekanan darah yang lemah, maka supplay darah ke otak dan seluruh tubuh akan berkurang. Dan hal inilah yang akan menjadikan wajah terlihat pucat serta lemas. Selain wajah pucat dan tubuh lemas, tubuh juga akan merasakan dingin pada daerah kaki, tangan, hingga telinga.


Gejala awal dari penyakit darah rendah yang juga sering dialami adalah pusing atau sakit kepala. Pusing ini sendiri terjadi akibat kurangnya suplai oksigen menuju otak. Selain itu, jika tekanan darah sudah rendah sekali, penderita pun bisa pingsan akibat tekanan yang tidak stabil atau ortostatik


Selain itu, gejala tekanan darah rendah yang juga biasa dialami adalah kurangnya atau sulitnya tubuh untuk berkonsentrasi. Hal inipun juga disebabkan karena minimnya suplai darah menuju otak, sehingga kinerja otak pun akan jauh dari kata maksimal. Maka dari itu, jika anda mengalami berbagai macam gejala diatas, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.




Demikian beberapa gejala tekanan darah rendah yang umum  terjadi. mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi, dan cukup istirahat, bisa membantu dalam menstabilkan tekanan darah anda. semoga bermanfaat.

2 Responses to "Gejala Tekanan Darah Rendah Yang Umum Terjadi"

  1. Its really very good information about health. Every person has to take care of their health by following some health tips.
    You can also follow Daily Health Tips for more tips., they are providing all types of tips for our health and beauty.

    ReplyDelete