Tips Alami Mengobati Sakit Pegal Linu

Tips Alami Mengobati Sakit Pegal LinuBagi para orang dewasa tentunya pegal linu dan nyeri otot sudah tidak asing lagi dan kebanyakan dari mereka merasakan hal tersebut. Pegal linu disebabkan oleh terjadinya ketegangan pada otot dan menyebabkan cidera otot atau tendon. Pegal linu biasanya dirasakan setelah melakukan aktifitas yang cukup berat dalam jangka waktu yang cukup lama. Otot yang dipaksa kerja secara terus menerus akan tertarik dan tarikan otot tersebut yang menimbulkan rasa nyeri.


Pegal-pegal ini biasanya dirasakan pada bagian lengan tangan, kaki dan punggung yang sering digunakan untuk memikul beban berat. Secara ilmu kedokteran, pegal linu atau nyeri otot ini disebabkan karena terjadi kerusakan pada mikroskopis yang ada pada otot dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari. Namun ada juga faktor lain yang kerap dinilai sebagai pemicu pegal linu yaitu karena dehidrasi (kekurangan cairan), adanya penumpukan asam laktat pada otot, mineral yang tidak seimbang dan salah posisi ketika menganggat beban yang berat.


Untuk mengatasi hal tersebut, banyak dari mereka yang mengkonsumsi jamu seperti jamu beras kencur dan jamu kunyit asem. Tetapi jika hanya sekedar mengkonsumsi jamu saja rasanya tidak cukup dan membutuhkan waktu lama untuk sembuh seperti sedia kala. Dibawah ini ada beberapa cara alami lainnya yang dipercaya dapat mengatasi pegal linu :


https://76n.blogspot.com




·         Mengobati Pegal Linu Menggunakan Minyak Cengkeh – Minyak cengkeh akan memberikan rasa hangat jika kita oleskan pada bagian tubuh yang terasa pegal. Anda dapat langsung menggosoknya atau memasaknya terlebih dahulu kemudian gunakan untuk memijat bagian tubuh yang terasa linu.
·         Menggunakan Bawang PutihKhasiat bawang putih selain digunakan sebagai bumbu dapur, dapat juga anda jadikan sebagai obat tradisional penghilang pegal linu. Caranya yaitu dengan memotong bawang putih menjadi dua bagian kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang pegal tadi. Lakukan secara rutin agar hasilnya cepat terasa.
·        Menggunakan Es BatuPenggunaan es batu untuk mengobati pegal linu sering digunakan pada pemain sepak bola yang ketika bermain mengalami kram, nyeri otot atau pegal linu. Caranya dengan mengompreskan es batu tersebut pada bagian yang nyeri dan cara ini terbukti cukup ampuh untuk mengatasi pegal linu.
·       Menggunakan Garam InggrisGaram inggiris memiliki kandungan magnesium yang tinggi dan benda yang mengandung magnesium dipercaya dapat mengatasi pegal linu. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan garam inggris kedalam air kemudian direndamkan pada bagian tubuh anda maka rasa pegal sedikit demi sedikit akan berkurang. Selain itu garam inggris juga dapat digunakan untuk mengatasi pembengkakan pada kaki.
·    Minum SusuSusu adalah minuman sehat yang banyak mengandung kalsium yang mampu memperkuat tulang dan persendian. Minumlah susu secara rutin minimal 3kali sehari agar tulang dan sendi anda kuat sehingga terhindar dari nyeri otot dan pegal linu.
·       PisangSiapa sangka kalau pisang dapat digunakan untuk mengatasi pegal linu. Pisang memiliki kandungan potasium yang sangat baik untuk mengatasi ketegangan otot dan untuk membantu anda dalam mengatasi pegal linu, anda dapat mengkonsumsinya 2-3 buah setiap hari.
·     Daun RosemaryDaun rosemary yang masih segar merupakan daun yang dapat meredakan sakit pada otot. Daun ini mengandung empat antiperadangan sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Untuk cara penggunaanya anda dapat mencampurkan daun ini kedalam air yang mendidih kemudian gunakan sebagai pencuci kaki agar dapat terserap melalui kulit.
·        Menggunakan TebuBatang tebu yang telah dikupas kemudian buang tulangnya hingga tersisa daging tebu mengandung gula alami yang jika ditumbuk dan digosokkan pada bagian tubuh yang terasa nyeri maka rasa nyeri tersebut sedikit demi sedikit akan memudar. Lakukan cara ini ketika anda hendak tidur kemudian ketika bangun, basuh dengan air bersih.




Dari semua cara diatas tentunya bukan sekedar teori belaka dan sudah banyak yang mencobanya. Asalkan anda teratur dan rajin melakukannya, maka anda akan terhindar dari yang namanya nyeri otot dan pegal linu. Demikian tips alami mengobati sakit pegal linu yang dapat kami berikan semoga informasi ini dapat dijadikan sebagai referensi. Sekian dan Terimakasih.

0 Response to "Tips Alami Mengobati Sakit Pegal Linu "

Post a Comment