Faktor Penyebab Dan Gejala Mengalami Keracunan Makanan

Faktor Penyebab Dan Gejala Mengalami Keracunan MakananMakanan merupakan sumber asupan energy pada tubuh manusia. Namun selain sebagai sumber energy, makanan ternyata memiliki sisi lainnya yang berbahaya bagi tubuh , karena tidak semua jenis makanan bisa diasup secara baik oleh tubuh. Seperti misalnya jamur. Jamur merupakan bahan makanan yang memiliki banyak sekali kandungan gizi didalamnya, namun tidak semua jamur bisa dikonsumsi oleh manusia, dan jika dikonsumsi, akan menyebabkan keracunan. Keracunan pada tubuh manusia, memang tidak hanya disebabkan oleh makanan.


Seperti misalnya obat, gas, dll. namun lebih banyak manusia yang keracunan disebabkan karena keracunan makanan. Selain jenis makanan yang bisa menyebabkan keracunan seperti jamur, atau tanaman lainnya, makanan yang sehat jika terkontaminasi dengan zat berbahaya lainnya seperti bakteri, dll juga akan menyebabkan tubuh mengalami keracunan makanan. Gejala keracunan bermacam – macam, dan berikut ini adalah beberapa faktor penyebab dan gejala keracunan yang perlu untuk anda ketahui.

http://76n.blogspot.co.id/




Muntah dan pusing karena gejala keracunan makanan dikarenakan keracunan makanan yang terkontaminasi oleh bakteri yang menyerang orga dalam tubuh manusia. Selain diserang oleh bakteri, jamur dan virus yang mengkontaminasi makanan dan masuk dalam tubuh juga akan menyebabkan si penderita akan mengalami mual, muntah dan juga pusing.


2.    Diare
Sistem pencernaan akan terganggu jika penderita mengalami keracunan. Hal ini dikarenakan adanya bakteri atau jamur yang menyebabkan keracunan. Sistem pencernaan yang diserang oleh jamur dan bakteri ini, akan membuat proses BAB menjadi terganggu, dan anda akan mengalami gejala diare.


3.    Kejang
Apabila keracunan makanan semakin parah, maka gejala anda akan mengalami kejang yang sangat parah. Hal ini bisa terjadi disebabkan karena racun yang masuk melalui makanan sudah tersebar merata ke seluruh tubuh. Dan juga sudah menyerang organ jantung. Jika racun sudah menyerang jantung, maka kinerja memompa darah akan terganggu, dan akibatnya tubuh akan kekurangan oksigen dan kejang.


Keringat yang keluar berlebih ini, merupakan reflex tubuh yang dikeluarkan karena tubuh akan berusaha mengeluarkan racun melalui keringat. Selain mengeluarkan racun melalui keringat ini, tubuh juga akan mengeluarkan racun melalui cairan yang dikeluarkan oleh mulut atau kerongkongan.


5.    Sesak nafas
Selain kejang – kejang, gejala keracunan yang dialami oleh tubuh, juga akan disertai dengan sesak nafas yang mana merupakan salah satu gejala keracunan yang sudah parah. Sesak nafas terjadi akibat tubuh kekurangan suplay oksigen karena terjadinya kelainan didalam organ jantung disebabkan racun sudah memasuki daerah organ jantung.



Demikian beberapa gejala dan faktor penyebab keracunan yang bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk anda. jika anda mengalami gejala diatas, ada baiknya untuk melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu yaitu dengan meminum air kelapa hijau, atau air susu murni, yang akan membantu mengeluarkan racun didalam tubuh. setelah itu, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut lagi. semoga bermanfaat.

2 Responses to "Faktor Penyebab Dan Gejala Mengalami Keracunan Makanan"

  1. wahh kemaren saya sampai sesak nafas apa benar itu saya keracunan makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu diselidiki lebih lanjut sob untuk mengetahuinya

      Delete